Minggu, 30 April 2017

Tugas Etika Bisnis 3

Nama   : Eka Fitriani
Kelas   : 3EA36
NPM   : 13214422

Komentar Makalah Kelompok 2
          Opini tentang Usaha Tahu Tanah Merdeka yang dikaitkan  dengan Pelanggaran Pelaku Bisnis. Polusi yang ditimbulkan oleh usaha pangan pada umumnya adalah polusi air,udara dan juga tanah. Polusi ini ada dikarenakan adanya limbah pabrik yang tidak dapat diatasi atau diolah sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Pada kasus usaha Tahu Tanah Merdeka polusi yang disebabkan adalah polusi udara,yaitu dari ampas tahu yang mengeluarkan bau tidak sedap. Bau tidak sedap ini akan mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan di sekitar lingkungan usaha Tahu Tanah Merdeka tersebut. Maka dari itu, untuk masalah polusi yang disebabkan oleh usaha Tahu Tanah merdeka sebaiknya limbah yang dihasilkan kemudian diharapkan dapat diolah secara bijak. Untuk masalah ampas tahu sendiri bisa diatasi dengan pengolahan kembali sebagai pakan ternak dan juga oncom.



Komentar Makalah Kelompok 6
          Opini tentang Usaha Coffee Darwis dan Ropang yang membahas tentang Pasar Komperatif dan Pasar Global. Di era yang semakin maju ini, masyarakat semakin tertarik akan tempat berkumpul ataupun sekedar bersantai menikmati waktu luang. Café adalah jenis usaha yang kita ketahui sangat pesat perkembangannya dan menjamur terlebih café yang mengutamakan menu kopi. Terlebih lagi, kini café adalah pilihan sebagian besar orang untuk melakukan perkumpulan, baik para pelajar,mahasiswa hingga pegawai kantoran. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan menimbulkan banyaknya café sejenis bermunculan dan timbullah persaingan. Coffee Darwis dan Ropang sebagai salah satu yang berperan dalam pasar persaingan sempurna harus memiliki ciri khas tersendiri yang dapat menarik minat konsumen. Menciptakan menu yang lain daripada café lain ataupun menciptakan dekorasi ruangan yang unik dapat menjadi salah satu nilai tambah bagi Coffee Darwis dan Ropang. Selain itu, pemasaran secara social media sebaiknya dilakukan dengan gencar agar para konsumen baru yang belum mengunjungi mudah mendapatkan informasi tentang Coffee Darwis dan Ropang dan juga dapat me-review kualitas café ini sendiri.  




Komentar Makalah Kelompok 9
          Opini tentang Usaha Ayam Lepas yang dikaitkan dengan Stakeholder. Stakeholder adalah suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu manusia yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa contoh stakeholder misalnya seperti pegawai atau karyawan, pelanggan, staff dan supplier. Stakeholder tentunya memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan perusahaan yang mana disini adalah keberlangsungan usaha Ayam Lepas. Seperti yang telah dijelaskan oleh kelompok, pola hubungan perusahaan dengan stakeholder ada 4 yaitu inactive,reactive,proactive,dan interactive. Dari ke empat hubungan yang dimiliki oleh perusahaan dengan para stakeholders menurut saya diharapkan dapat bersifat Interactive. Jadi interaksi ini nantinya dapat membantu perusahaan dalam mempelajari ekspektasi masyarakat banyak, mengembangkan solusi dan mendapatkan dukungan dari para stakeholders untuk menerapkan solusi yang sudah dimiliki oleh perusahaan.



Komentar Makalah Kelompok 8

      Opini tentang Usaha Zhiliang yang dikaitkan dengan GCG (Good Corporate Governance). Secara umum istilah Good Corporate Governance lebih ditujukan untuk sistem pengendalian dan pengaturan perusahaan sebagai suatu praktik pengelolaan perusahaan secara amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders. Dengan penerapan GCG, maka pengelolaan sumber daya perusahaan yang mana dimaksud adalah usaha Zhiliang diharapkan menjadi efisien, efektif, ekonomis dan produktif dengan selalu berorientasi pada tujuan perusahaan dan selalu memperhatikan kepentingan stakeholders.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar