Sabtu, 22 April 2017

Makalah Usaha Tahu Tanah Merdeka


MAKALAH USAHA TAHU TANAH MERDEKA








UNIVERSITAS GUNADARMA
2017






NAMA : EKA FITRIANI
NPM : 13214422
KELAS : 3EA36

BAB I

PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG

           Tahu yang kaya akan protein, sudah sejak lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai lauk. Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han.
        Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai, diolah dengan fermentasi dan diambil sarinya. Dengan kata lain, tahu merupakan dadih kedelai, yaitu susu kedelai yang dibuat menjadi kental (curd) kemudian di cetak dan dipres (FG Winarno: 1993). Namun dari itulah timbul permasalahan baru dari pengolahan tahu terhadap kesehatan warga sekitar pabrik tahu yang harus kita tanggulangi dengan baik.
       Pabrik Tahu seringkali belum ditangani secara baik sehingga menimbulkan dampak terhadap lingkungan.Salah satunya dampak limbah-bau, limbah cair, dan padat. Limbah tahu mengandung protein tinggi sehingga konsekuensinya menimbulkan gas buang berupa Amoniak/ Nitrogen dan Sulfur yang tidak sedap dan mengganggu kesehatan. Sampai saat ini resiko bau ini masih belum ada jalan keluarnya sedangkan di sisi lainnya produk tahu sudah merupakan makanan favorit yang hampir harus selalu ada dalam konsumsi masyarakat kecil sampai dengan masyarakat golongan atas. Dampak negatif yang ditimbulkan pabrik tahu ini mengancam keberlangsungan usaha dan lebih lanjut terhadap ketersediaan tahu bagi masyarakat, karena terancam tutup / dilarang operasi. Jalan lain yang dapat dilakukan biasanya dengan menalakukan relokasi pabrik yang bertakibat pada meningkatnya biaya produksi dan harga tahu.






BAB II

PEMBAHASAN


2.1  Teori Yang Terkait Dalam Usaha 

           Menurut  (Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert, 2007) Polusi adalah terjadinya pencemaran lingkungan yang mengakibatkan menurunya kualitas lingkungan dan terganggunnya kesehatan serta ketenangan hidup makhluk hidup. Terjadinya polusi atau pencemaran lingkungan ini umumnya terjadi akibat kemajuan teknologi dalam usaha meningkatkan kesejahteraan hidup. Misalnya pencemaran air, udara, dan tanah akan menyebabkan merosotnya kualitas air, udara dan tanah. Sebagai akibat akan terjadi banyak hal-hal yang merugikan dan mengancam kelestarian lingkungan.termasuk manusia.
            Dalam melakukan usaha segala dampak atau efek dari usaha tersebut harus dipikirkan secara matang seperti usaha yang dilakukan oleh “Tahu Tanah Merdeka” dalam kegiatan usahanya Usaha Tahu Tanah Merdeka telah melanggar Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982 yang berbunyi “Polusi merupakan masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya”. Berikut penjelasannya 

Macam- Macam Polusi : 
        1.  Polusi Udara
Polusi udara atau pencemaran udara merupakan yang terjadi di udara  biasanya disebabkan oleh polutan yang berbentuk gas atau zat berupa partikel. polusi udara yang dihasilkan Usaha Tahu Tanah Merdeka adalah dari proses pembuatan dan penggorengan tahu yang sangat mengganggu pernafasan karena aroma dari bahan baku tahu yang mengandung amonia, Serta asap pembakaran yang dihasilkan dalam proses pembuatan tahu  tersebut sangat banyak sehingga udara segar yang ada telah berganti menjadi udara yang panas, beraroma menyengat dan sulit menghirup udara segar karena keberadaan gudang tersebut berada di dekat rumah penduduk.

        2.  Polusi Air 
Polusi air air atau pencemaran  di air merupakan peristiwa pencemaran yang terjadi dalam lingkungan air yang dapat menggangu atau merusak Air yang telah tercemar dapat mengakibatkan kerugian terhadap manusia juga ekosistem yang ada didalam air. Polusi air yang dihasilkan oleh Usaha Tahu Merdeka adalah gudang tahu ini membuang limbah hasil sisa pembuatan tahunya langsung dibuang ke aliran sungai keberadaan gudang tersebut berada didekat sungai. Limbah dari bekas air pencucian bahan baku pembuatan tahu, Limbah cair dari proses pengolahan bahan baku ( kedelai, dll)  dan dari pembuangan limbah  sisa kegiatan produksi  yang dilakukan  dibuang ke sungai tanpa melalui proses amdal yang benar benar  aman. Sehingga tidak dapat digunakan lagi untuk keperluan rumah tangga, hal ini diakibatkan oleh air sudah tercemar sehingga tidak bisa digunakan lagi seperti untuk, mandi, memasak mencuci dan lain-lain. 

       3.  Polusi Tanah 
Pencemaran tanah berkaitan erat dengan pencemaran air dan pencemaran udara. Air permukaan yang tercemar dapat masuk ke dalam tanah dan menimbulkan pencemaran tanah. Sedangkan pencemaran yang terdapat di udara bersama-sam air hujan akhirnya akan mencemari tanah pula. Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah organik, sampah anorganik seperti plastik dan kaleng bekas, sisa bahan bangunan, keramik, kelebihan pupuk, pestisida, bahan radioaktif , limbah rumah tangga dan limbah pertambangan. Usaha Tahu Tanah Merdeka menggali tanah khusus untuk membuang bekas-bekas sampah atau sisa-sisa produksi seperti ampas tahu dan plastik. Hal ini merupakan hal yang membahayakan karena sampah plastik akan menyebabkan polusi tanah dan ampas tahu yang yang dikubur dalam tanah jika hujan akan tercium bau nya dan akan menyebabkan polusi udara.


2.2  Profil Usaha

    1) Deskripsi Umum Usaha
Nama Usaha : Tahu Tanah Merdeka
      Nama Pemilik : Pak Sarman
Tahun Berdiri : 1992
Alamat         : Kp. Pondok Tanah Merdeka Rt 002 / Rw 029 Kelurahan
                                          Wanasari Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi 17520, Jawa
                                           Barat, Indonesia
Jenis Usaha : Makanan Pokok
Produk : Tahu (Tahu pong, Tahu Kuning, Tahu Putih, Tahu Goreng Basah)


    2) Sejarah 
          Usaha tahu Tanah Merdeka  merupakan usaha industri rumah tangga yang didirikan oleh Bapak Sarman pada tahun 1992 sampai sekarang, jadi kurang lebih sekarang sudah berjalan selama 25 tahun. Dimana modal yang digunakan adalah modal sendiri dan sebagian modalnya dari orang tua. Dalam menjalankan operasi usahanya Bapak Sarman berperan sebagai pemilik serta merangkap sebagai pimpinan. Kegiatan dari pabrik ini adalah melakukan pembuatan makanan pokok yaitu tahu dengan bahan dasar kedelai hasil impor yang di impor 2 minggu sekali. Dalam menjalankan usahanya Bapak Sarman menghasilkan kurang lebih 500 buah tahu setiap harinya tergantung dari pesanan yang diterima.
          Pada awal perusahaan ini berproduksi pemiliknya menetapkan berdirinya gudang tahu tersebut berada di kelurahan wanasari. Pemilik perusahaan selalu mengedepankan kualitas produknya dibandingkan degan kuantitas hal ini untuk memberikan kepuasan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.


    3) Kegiatan Operasional



    4) Struktur Organisasi




Adapun tugas dari masing masing bagian adalah sebagai berikut.
 a.Pimpinan
    Pimpinan disini bertugas untuk mengawasi jalannya produksi, mengelola keuangan serta                     melakukan kegiatan pembelian bahan.Pemimpin pada usaha tahu ini merangkap sekaligus sebagai       pemilik.
b.Bagian produksi
   Pada bagian produksi terdapat pekerja yang bertugas menyiapkan bahan dan mengawasi jalannya        proses produksi pembuatan tahu. Sedangkan tukang bertugas mengangkut bahan dari satu tempat        ketempat lain.
c.Bagian pemasaran
   Pada bagian pemasaran bertugas untuk mengantarkan barang jadi/tahu, ketempat penjualan dan           melakukan penagihan kepada para pedagang pengecer.


Jumlah karyawan dan pekerja
Jumlah keseluruhan dari karyawan dan tenaga kerja perusahaan adalah 14 orang, yang terbagi atas:
a. 2 orang tenaga wanita : Pemasaran
b. 12 orang tenaga pria : Tukang dan Pembantu


   5) Lingkup Kegiatan Usaha

Kegiatan Usaha

Pabrik tahu tanah merdeka mulai beroprasi dari jam 07.00- 17.00WIB dan waktu istirahat jam 12.00-13.00 WIB, buka setiap hari senin-sabtu.
Persiapan sekaligus meninjau lokasi
 Kegiatan produksi tahu antara lain :
Proses perendaman bahan baku (kedelai)
Proses penggilingan
Proses perebusan sampai mendidih lalu disaring dan dibilas sampai 3X dengan menggunakan             larutan cuka
Disaring lalu diendapkan beberapa menit
Dicetak lalu di iris.

   6) Lingkungan Industri 
Produksi Tahu Tanah Merdeka ini berlokasi sangat strategis yaitu di dekat dengan perumahan padat penduduk (Perum Krtika Wanasari dan Perum Pondok Tanah Mas), berdekatan juga dengan sekolah, pasar dan dekat dengan pabrik tekstil.

   7) Pasar Yang Dituju
Jika melihat kompetitor-kompetitor bergerk dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Target pasar yang dituju oleh pabrik tahu Tanah Merdeka adalah pada pasar-pasar yang berada di sekitar Cibitung khususnya kelurahan Wanasari seperti, Ps. Kaget, Ps. Rengas, Ps. Uyut, Ps. Pamor, dan pasar-pasar lainnya. Serta pedagang sayur keliling dan pedagang tahu lainnya. Dalam segmentasi pasar, usaha ini tidak mengelompokkan siapa yang menjadi konsumen akan produk yang dihasilkan. Perusahaan yakin dengan target yang dituju akan membuat usaha ini menjadi lebih berkembang.

   8) Pesaing 
Pabrik Tahu Tanah Merdeka memiliki beberapa ancaman dalam hal pesaing diantaranya:
   1. Pabrik tahu PURNAMA,  Kampung Tangsi Rt 03/03, Desa Sukadanau, Jl. Pejagalan No.3                   Cibitung, Bekasi, Jawa Barat
   2. Pabrik tahu SUKUR, RT 06/RW 06 Desa Mangunjaya, Kecamtan Tambun Selatan, Kabupaten           Bekasi, Jawa Barat.
   3. Pabrik tahu SUMEDANG SARI MURNI, Desa Tambun, RT 01/02, Kecamatan Tambun                     Selatan, Bekasi 17510 Jawa Barat
   4. Pabrik tahu TELUK PUCUNG, Jl. Perjuangan No.55, Sukadanau, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa         Barat 17530
   5. Pabrik tahu RT 01/RW 07 Desa Satriajaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi,                 Jawa Barat


   9) Kendala
   1. Harga bahan baku kedelai yang tidak stabil
        Jika harga sedang tinggi pastinya harga jual tahu juga akan tinggi, namun harga yang tinggi sering kali membuat konsumen yang membeli tahu berkurang sehingga jika tahu tidak laku maka Bapak Sarman akan mengalami kerugian.
   2. Air imbah dari proses produksi yang menggagu lingkungan
      Limbah industi tahu dapat menimbulkan pencemaran lingkungan yang cukup berat karena mengandung polutan organic yang sangat tinggi, Dari beberapa hasil penelitian, konsentrasi COD (Cheminal Oxygen Demand) didalam air limbah industri tahu cukup tinggi yakni berkisar antara 7.000-10.000 ppm, serta mempunyai keasaman yang rendah yakni Ph 4-5. Dengan kondisi seperti ini, air limbah industri tahu merupakan salah satu sumber pencemaran lingkungan yang sangat potensial.
   3. Ampas tempe yang berbau busuk
        Ampas tahu dalam bentuk aslinya dapat menimbulkan dampak atau permasalahan lingkungan, karena hasil degradasinya dapat menimbulkan senyawa yang berbau busuk jika tidak dimanfaatkan.
   4. Banyaknya pesaing
        Konsumsi tahu yang banyak dari masyarakat tentunya membuat banyak pula mendorong orang untuk menjadi pengusaha tahu. Kemungkinan terburuk bagi pengusaha tahu adalah tidak laku karena kalah bersaing dengan produk tahu lainnya.


  10) Keuangan

LAPORAN LABA RUGI
Usaha Tahu Tanah Merdeka 
Perbulan Januari 2017










BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan 

      Dalam melakukan usaha baik dalam bidang makanan ataupun produk lain nya harus memikirkan segala aspek nya seperti lingkungan dan polusi. Undang-undang juga sudah mencantukam kan pasal-pasal dalam melakukan usaha. Untuk itu usaha yang dijalankan harus sesuai dengan etika bisnis yang berlaku.usaha tahu tanah merdeka dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar oleh karna itu usaha produksi tahu ini lebih dikembangkan.tetapi usaha tahu tanah merdeka telah melakukan pelanggaran yaitu polusi seperti polusi air yang diakibatkan karena limbah dari proses pembuatan tahu atau sisa produksi dari pembuataan tahu tidak diolah dengan baik dan semestinya dan dibuang langsung ke sungai sehingga mencemari ekosistem sungai.kemudian polusi udara yang diakibatkan karena asap dari proses pembakaran kayu bakar serta asap penggorengan tahu yang menyebatkan aroma yang tidak sedap yang sangat menyengat sehingga mengganguu pernafasan mahluk hidup khususnya manusia dan terakhir polusi tanah yang diakibatkan karena telah membuang sampah plastic serta ampas tahu kedalam tanah yang dapat merusak tanah dan dapat mencamari kehidupan tanah.untuk itu dalam berbisnis selain produk dan kualitas harus memikirkan lingkungan serta pencemaran nya .melakukan usaha yang sesuai etika bisnis akan jauh lebih baik Karena tidak akan menggangu aktivitas lain nya .












BAB IV

DAFTAR PUSTAKA

Ricky W. Griffin, Ronald J. Ebert. 2007. Bisnis. Jakarta : Erlangga


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar